Senin, 24 September 2012

sejarah pemikiran ekonomi

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI
I.
  1. Sejarah dari bahasa Arab Sajarotun/history, bahasa Indonesianya pohon.  Pohon itu mulai dari akar, batang, cabang, sampai dengan buah.
  2. Pemikiran dari bahasa arab al-fikir, bahasa inggrisnya thought artinya fikir (mengingat-ingat sesuatu yang tercerai berai untuk dijadikan suatu kesatuan/ konsep).
Kalo kita memperhatikan definisi ilmu yaitu:
“Suatu proses menciptakan kilas balik/ konsep baru yang menyatukan pengertian kita mengenai fenomena alam/ fenomena sosial”.
Sebenarnya bagi mahasiswa ditekankan untuk mencari, menemukan, konsep yang menjadi pusat perhatian.
Contoh konsep yang sering kita jumpai “the law diminishing marginal product”. Hukum ini mengikuti hukum dari garis lengkung, ia tidak mengikuti hukum garis lurus. Garis lurus pada suatu saat akan melengkung sebagaimana garis elips dalam astronomi.
Kalo anda makan mengikuti aturan garis lurus, pada suatu saat akan melengkung sebagaimana garis elips dalam astronomi. Kalo anda makan mengikuti aturan garis lurus/ suatu saat perut anda akan meledak.

Dalam teori konsumsi kita menghindari agar total utility maksimum dan marginal utility-nya = 0. Apabila TU (Total Utility) makin menurun dari total maksimum maka MU  (Marginal Utility) menjadi negatif dan hukumnya haram.
Contoh ke-2: Sebuah penelitian yang dilakukan kelompok Roma menjadikan laporannya dalam buku batas-batas pertumbuhan (the limits to growth) dengan memasukkan semua data dalam model dunia bumi apabila laju pertumbuhan sebagaimana yang berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya, dunia akan hancur dalam waktu 100 tahun. Apabila penataan jakarta raya tidak mengalami perubahan teknologi, maka jakarta akan terendam sehingg TUHAN menciptakan segala sesuatunya ada batasnya karena SD dalam ekonomi terbatas, harus ada pilihan-pilihan tertentu dalam ekonomi.
  1. Ekonomi: jangan mau dibodohi oleh ahli-ahli ekonomi karena ahli-ahli ekonomi mulai dari awal sampai sekarang awut-awutan. Orang barat dalam pikirannya selalu mempertentangkan satu sama lain.
Supaya pikirannya tidak awut-awutan kita menggunakan definisi ilmu ekonomi yaitu: Ilmu yang mempelajari bagaimana manusia mengaktualisasikan potensi dirinya (fitrah secara utuh) sejalan dengan ajaran-ajaran agama khususnya dalam bidang pendayagunaan sumber daya yang langka untuk memperoleh produktifitas yang optimal bagi kepentingan bersama dan mempelajari mekanisme ditribusi pendapatan secara adil sesuai dengan prestasi seseorang tanpa melupakan asas perikemanusiaan dan kelestarian lingkungan dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Dari definisi tersebut, melarang kita untuk mencapai konsumsi sebesar-besarnya dengan usaha sekecil-kecilnya dan mendapat untung yang sebesar-besarnya.

II.
Ilmu ekonomi oleh kebanyakan ahli dinobatkan sebagai ratu dalam rumpun ilmu-ilmu sosial indikasinya adalah setiap tahun ada ahli ekonomi yang diberi hadiah nobel.

Walaupun IE dianggap tidak baik, tapi tetap saja dianggap sebagai ratu, karena telah mampu mengkuantitatifkan diri sebanyak-banyaknya hampir menyamai ormolasi matematika dalam fisika. Dilihat dari sejarah pembangunan IE sebenarnya IE adalah merupakan ilmu fisika, karena sejarah terbangunnya ilmu ekonomi pada awalnya selalu menghinadari persoalan-persoalan yang bersifat spiritual (value judgement) dalam teori ekonomi yang kita pelajari sekarang tidak ada aturan. Mereka tidak memasukkan teori fisika ke dalam ekonomi karena tidak bisa dikuantitatifkan atau dirumuskan.

III.
Mengapa Amerika-Eropa Barat maju dalam membangun ilmu pengetahuan? Orang barat tidak mengetahui mereka dibesarkan oleh Ibnu Rasyid. Dia tumbuh dan berkembang di Cordofax, Spanyol. Bentuk analisanya membenarkan pendekatan rasional. Satu lagi, Imam Al Ghazali, tumbuh dan berkembang di sekitar Irak. Ibnu Rasyid dan Imam Al Ghazali selalu bentrok. Berbagai macam buku yang terbit pada waktu itu diambil alih oleh orang Barat, salah satunya yang paling terkenal adalah Thomas Aquinas, dari buku-buku itu mereka, orang barat belajar untuk mencari rempah-rempah. Pemikiran Ibnu Rusyid diambil oleh Eropa Barat dan Imam Al Ghazali diambil oleh timur.
Para ahli mengatakan, abad 21 adalah abad spiritual. Teori ekonomi yang diajarkan tetap saja teori ekonomi materialistik.
SPE kita kelompokkan sebagai bahan untuk perkuliahan, muncul berkembangnya dari Adam Smith sampai dengan sekarang.
Upaya membangun teori ekonomi humanistik. Contoh konsep yang dikembangkan dalam teori ekonomi humanistik adalah :
  1. azas keunikan dalam sistem kedirian
  2. azas hiraki sistem kedirian
dua-duanya tidak bisa dipisahkan menjadi satu kesatuan. Dikembangkan oleh orang Indonesia.
Kata unik oleh nenek moyang kita dulu diungkapkan sebagai lain lubuk lain belalang, tapi kita tidak pernah mengatakan.
Keunikan berlaku untuk sosial ekonomi maupun untuk fisika.
Contoh Hiraki : kalau kita sedang kuliah di fakultas maka pusat perhatiannya harus ke sistem Unila.
Praktek SPE melatih diri untuk berhenti makan sebelum kenyang.

Tetapi orang-orang yang melakukan pendekatan institusional sering diejek oleh para ekonom yang melakukan pendekatan secara kuantitatif. Kita tahu kemajuan Eropa sekarang didukung oleh........tetapi orang Barat tidak mengakui ilmu pengetahuan dari Yunani langsung ke Barat.

Seharusnya dari Yunani ke Timur Tengah baru ke Barat yang sifatnya pendekatan meta empiris diajarkan oleh Imam Al Ghazali. Kalau Ibnu Rusyid mengajarkan pendekatan rasional. Pendekatan inilah yang diadopsi oleh orang Barat. Memisahkan diri dari nilai-nilai moral dan etika. Di dalam abad pertengahan, memang terjadi kontroversial antara kaum gereja dan kaum ilmuwan. Pertentangan inilah yang membuat ilmu pengetahuan berjalan sendiri-sendiri.

Adam Smith berkeyakinan bahwa IE diatur juga oleh hukum-hukum alam. Adam Smith lah yang menciptakan teori permintaan dan penawaran yang diadopsi dari pemikiran Newton dari interaksi perjalanan planet. Adam Smith mengatakan didalam mekanisme pasar akan dicapai dengan campur tangan, tangan-tangan gaib (invisible hand).
Adam Smith juga adalah seorang ahli filsafat moral. Tentunya yang dimaksud tangan gaib adalah tangan Tuhan (moral manusia yang menjadi pelaku ekonomi). Lama-kelamaan moral ini dikesampingkan karena menyangkut psikologi. Ilmu kafir adalah ilmu sekuler. Oleh Mark Weber, ahli sosial ekonomi Jerman, mengatakan dalam proses penawaran ilmiah bebas nilai sampai sekarang penawaran bebas nilai masih digunakan. Bebas nilai sama dengan tuna susila. Walaupun Mark Weber memperkenalkan apa yang disebut etika kerja. Etika protestan inilah yang membangun Eropa sehingga maju pesat sampai sekarang.

Hukum Indeterminisme → Heisenberg
Dia mengatakan atau dengan kata lain terdapat peluang masuknya unsur-unsur spiritual. Didalam fisika terdapat unsur ketidakpastian, yaitu ada suatu lompatan yang sifatnya tidak bisa ditelusuri secara rasional. Ahli fisika lebih manusiawi dari ahli-ahli sosial.
Nilai-nilai sosial kita peroleh dari pengalaman/kumpulan-kumpulan pengalaman.
Syarat untuk menciptakan suatu penelitian:
  1. Kompetensi (pendalaman terhadap suatu bidang ditambah dengan infoemasi)
  2. Ada tantangan/obsesi
Dr. Hidayat dari ITB yang mematahkan teori Einstein membutuhkan waktu 27 tahun.
  1. Fokus pada tujuan

Jadi Tuhan memberikan rezeki melalui kompetensi. Dari kompetensi tiap orang tidak sama, meskipun anak kembar. Kenapa ini diberikan:
  1. BI menemukan bahwa untuk memajukan, makan/konsumsi untuk hidup, hidup untuk makan
  2. Import semakin lama semakin tinggi, tidak diimbangi dengan export.
  3. Gejala pengangguran banyak disumbang dari Unila.

Paradigma  Paradogma
Para bahasa inggrisnya paradigm dipopulerkan oleh Thomas Kuhn (seorang wartawan tentang sejarah penemuan-penemuan scientific). Hasil telaah beliau terhadap ide-ide munculnya landasan ilmu pengetahuan ditulis dalam bukunya Science Revolution (Revolusi Ilmu Pengetahuan). Landasan membangun IP yang itu-itu saja dalam waktu tertentu dia sebut Normal Science, misalnya saja landasan IP yang dibangun oleh Newton, CSG (Centimeter Second Gram),(ruang wktu energi).
Ruang, waktu, energi sesuatu yang gaib/metafisik. Sehingga dari ruang kita bisa mengeksplorasi ruang matrik (ruang yang bisa dihitung).
Waktu-waktu menurut metafisik adalah gaib. Energi suatu tenaga yang terdapat hampir di setiap benda. Inilah yang digunakan para ilmuwan fisika untuk berkecimpung dalam dunia penalaran ilmiah.

Sejarah perkembangan IP, ahli-ahli dalam bidang fisika adalah orang-orang yang sangat manusiawi dalam bidang sosial.
IE meniru mentah-mentah terhadap paradigma yang dibangun oleh ahli fisika. Selain CSG, kita tambah lagi dimensi X yaitu dimensi spiritual. Pada saat Adam Smith ditanya “Bagaimana Anda dapat menjamin bahwa Invisible Hand dapat menjamin kesejahteraan masyarakat?” saya akan memakai mekanisme pasar, interaksi antara permintaan dan penawaran. Keseimbangan harga melalui mekanisme pasar akan terjadi apabila pelaku-pelaku ekonomi yang terkait mengimplementasikan nilai-nilai komersial.
Para ahli ekonomi sekarang menafsirkan apa yang disebut Invisible Hand yaitu interaksi yang selalu menggeser S dan D pada keseimbangan pasar.




Kesimpulan:
Bila paradigma yang dipakai dalam ekonomi menggunakan ilmu-ilmu fisika, maka dapat dimasukkan dalam ilmu sosial.
CSG oleh Bentham bahwa utilitas seseorang dapat diukur atau paling tidak bisa dibandingkan antara satu orang dengan orang lain.
Teori yang dibangun oleh Bentham, makan sebanyak-banyaknya sehingga utilitas yang diperoleh juga harus maksimal.
Di Indonesia mulai dikembangkan teori ekonomi Humanistik kedirian. Dimensi X dibagi 3: cinta, indah, guna.

Supply Side Economics, SEE lebih lanjut dikenal dengan istilah Reagenomics. Untuk menanggulangi kelesuan ekonomi Amerika. Dalam diri seseorang harus sudah tertanam sifat-sifat tekun, teliti, dan waspada. Sifat itu merupakan bagian dari kepribadian kita. Munculnya ide diformulasikan dalam melompat sebelum memandang alias tiba-tiba. Pertumbuhan ekonomi dengan inflasi (sbynomics) jadi acuan oleh semua orang yang berkecimpung dalam proses membangun IP. Apabila persoalan-persoalan baru yang tidak bisa dijawab oleh IP, maka era tersebut disebut krisis paradigma.

TE yang kita pakai sekarang masih tetap memakai TE edonisme, apa yang menyenangkan bagi seseorang itulah yang terbaik termasuk didalam penalaran ilmiah, diperkenalkan semacam penalaran ilmiah harus bebas nilai dilakukan oleh orang yang memiliki kreativitas tinggi seperti Einstein, mereka lebih menghayati nilai-nilai agama walaupun mereka mengakui adanya TUHAN.
Pada abad mendatang, pada abad 21 adalah abad spiritual.

Sejarah Munculnya Science di Eropa
  1. Ilmu pengetahuan di Eropa bersama-sama dengan gerakan protestan yang pada dasarnya merupakan perlawanan terhadap gerakan doktron gereja. Gerakan itu dikenal dengan nama Renaisance.
Pada saat itu pula, Eropa dalam abad kegelapan. Tentu Eropa mulai mawas diri menghadapi desakan Islam. Islam pada waktu itu hampir menguasai seluruh Eropa mulai dari Spanyol sampai dengan bagian Uni Soviet (Uzbekistan). Sampai disana terdapat Imam Bukhori.
  1. dalam gerakan itu Eropa belajar tentang IP. Rasionalisme, demokrasi, kemerdekaan dari masyarakat Islam khususnya rasionalisme Ibnu Rusyid. Metode Ibnu Rusyid lah yang dipakai untuk mengembangkan lebih lanjut IP. Tetap dalam pihak masyarakat Islam justru mengalami kemunduran. Pada saat itulah Islam ketularan gereja. Dogmatisme gereja sebagai raja-raja yang mabuk kekuasaan dan kemenangan (ingat Perang Salib I).
  2. Karena moral merupakan wilayah kekuasaan gereja, para ilmuwan waktu itu selalu menghindar dari segala sesuatu yang berbau moral atau akhal. Itulah hakekatnya model homoekonomikus yaitu dibangun model masyarakat bersaing  sempurna yang pada akhirnya muncul doktrin, moral, bebas nilai pemisahan antara agama, IP, dan politik yang sering kita kenal dengan trias politika. Pemisahan IP dengan agama, dan politik hingga sekarang masih tetap dipelihara.
Contoh:
    1. mencuri adalah perbuatan keliru tapi bagi orang Barat tidak. Tetapi Belanda menjajah kita tidak tercantum dalam sejarah yang menjajah adalah perusahaan Belanda, VOC.
    2. harga beras Rp 6000, harga beras bulog Rp 3700. Jadi yang dikemas oleh Adam Smith sebagai Invisible Hand adalah akhlak atau moral yang harus dijunjung tinggi oleh masyarakat yang bersangkutan.   
Pertanyaan
Ilmu itu dimana adanya? Ilmu adalah proses menciptakan istilah baru/konsep baru yang menyatukan pengertian kita terhadap dunia yang tercerai berai. Dunia yang tercerai berai diolah sedemikian rupa oleh penglihatan batin dilakukan dengan cara observasi.
Penglihatan batin diolah oleh hati. Itu diberikan Tuhan kepada orang-orang yang tekun/takwa. Example: bagaimana newton menemukan hukum gravitasi? Apel jatuh ke bawah yang menimpa kepalanya, yang dijadikan formula untuk menemukan hukum gravitasi.
Bagaimana ahli ekonomi begitu brengsek menciptakan landasan aksiomatis. Contoh Milton Friedman, pemenang nobel tahun 1976. Apakah realistis IE yang dipakai sekarang ini karena bertentangan dengan moralitas. Yang saya perlukan adalah menurunkan rumus-rumus operasional yang bisa dijadikan landasan mengambil kebijaksanaan.

Dalam proses keilmuan (ekonomi) tidak bebas nilai. Contoh: dalam membuat skripsi pasti ada tujuannya. Dalam mengungkapkan apa yang kita persepsikan dalam bentuk kata-kata yang kita sajikan dalam bentuk tulisan. Ex:    - Spiritual marketing
                                                                        - Spiritual corporation
Ilmu fisika sendiri banyak belajar dari ajaran-ajaran tao. Dalam psikologi mulai dikembangkan spiritual. Contohnya (seminar esq). Ini muncul sebagai antisipasi membangun manusia-manusia global. Orang timur mengenal filsafat harmonis, orang barat mengenal filsafat konflik, konflik agama, IP. Dipertentangkan antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan, dan sebagainya. Konflik adalah cara berfikir barat. Cara fikir konflik muncul istilah baru, dualisme. Teori konflik dijadikan sebagai media untuk menjajah bangsa Indonesia selama 300 tahun. Yang pada akhirnya konflik tersebut diambil manfaatnya oleh Balanda. Dalam istilah agama kita tidak mengenal istilah konflik tetapi harmonis yang dicitrakan oleh yin dan yang.

General equilibrium menggambarkan model ekonomi yang saling ketergantungan satu sama lain. Ini adalah hukum alam yang harus kita terima agar tercipta harmoni hubungan kemasyarakatan. Manusia makan manusia (nilai tambah), itulah model yang dikembangkan oleh eyang Darwin. Oleh karenanya ahli-ahli ekonomi selalu menghindar tentang HAM, Keadilan, Kemerdekaan. Karena HAM, Keadilan, Kemerdekaan menyangkut kriteria spiritual. Itu semua menyangkut hal-hal spiritual, nilai-nilai yang dianut oleh suatu bangsa sehingga bukan persiangan sempurna yang harus kita tonjolkan tetapi persaingan kreatif. Sudah membuktikan berdasarkan landasan aksiomatis secara matematis bisa dibuktikan bahwa buktikesejahteraan sosial tidak ada. Temuan itu dikenal dengan teorema arrow/imposible teorem karena dalam teori ekonomi yang sekarang dipakai, fungsi kesejahteraan individu/perorangan bersifat multiplikatif. Multiplikatif didasarkan oleh eksploitasi manusia dan manusia diprovokasi oleh darwinisme.
Mengapa tidak ada fungsi kesejahteraan sosial karena yang kautlah yang menang. Siapa yang kuat dialah yang muncul sebagai pemenang. Harus adiktif dalam bentuk konsumai tiap individu tidak mengurangi utilitas orang lain. Caranya dengan bekerjalah dengan menggunakan kreativitas.

Kasus google temuan mereka tentang sistem explore yang baru ditemukan secara tidak sengaja pada saat mata batin Dr......................

Berfikir Ilmu Subyektif

Yang punya ilmu – Tuhan bukan manusia, oleh karenanya George Gilder dengan istilah Reagenomics (melompat senelum memandang), membahas tentang bagaimana suatu ide muncul tidak mengenal masa lalu. Dia muncul mengikuti teori kuantum yang secara tiba-tiba muncul dalam benaknya. 3 Syarat, tekun, teliti, dan waspada. Ketiga syarat tersebut merupakan bagian dari hidup dan kehidupan anda yang tidak terpisahkan dengan cara berfikir. Pada saat itulah lompatan quantum terjadi, yaitu beupa eureka, saya telah menemukan.Ingat pesawat terbang, bila telah mengudara. Ingat capung terbang tapi bisa diam sama dengan helikopter. Bagaimana nuansa psikologis, ide itu muncul (baca majalah issei). Teori ekonomi humanistik, kedirian. Ada 2 orang yang menyimpang dari tradisi pemikiran ekonomi:
  1. Veblen, yang mempopulerkan istilah konsumsi manja,dengan menulis observasi terhadap sebagian masyarakat Amerika pada tahun 20an yang memiliki pola konsumsi mewah. Veblen lebih terkenal sebagai iconoeclassed.
  2. J.K. Galbraith mengungkapkan berbagai istilah:
-          technostruktur
-          Industrial Complex, satu kelompok industri militer membangun sistem persenjataan yang canggih sebagai alat, dia mengatakan bahwa harga-harga yang berlaku bukan didasarkan kekuatan permintaan dan penawaran tetapi sistem planning. Tecnostruktur adalah kumpulan ahli-ahli yang merancang, mendesain, memasarkan, tehnis, merekalah yang mengambil keputusan untuk menciptakan suatu produk, Planning System. Planning system yang dikenal sekarang dengan konglomerasi, dia mengatakan bahwa sistem planning adalah evolusi baru dari sistem perekonomian.
-          Karena kedua orang ini menganut ekonomi kelembagaan, instruktural ekonomics, jadi ahli ekonomi yang menganut ekonomi kelembagaan pasti tersingkir dalam pergaulan sesama ekonomi.
a.k. Sen dari India yang membangun sistem kelembagaan orang miskin di India, kemudian Schumacer, ahli ekonomi muda juga pemikirannya kerdil yang ada hanya masalah moral.

Makro ekonomi muncul tahun 30an, makro ekonomi muncul karena depresi besar yang melanda dunia tahun tersebut karena krisis yang dialami dunia saat itu, sehingga tidak ditemukan jalan keluar. Muncullah orang Inggris yang bernama John Meynard Keynes. Dalam membangun TE makro, Keynes tetap menggunakan landasan-landasan aksiomalis sebagaimana yang dialami oleh teori ekonomi klasik. Demikian juga teori ekonomi neoklasik, tetap bicara konsep-konsep. Tetapi Keynes lebih cemerlang idenya bahwa dengan menggunakan depresi, karena depresi bukan lagi persoalan mikro tetapi persoalan makro. Pada era depresi itu, terjadi pengangguran masalah ekonomi. Tetapi juga menyangkut kapasitas industri yang tidak tercapai.
Ide dasar Keynes:
a.       Ingin membangun teori umum (general theory)/ (overall theory)/ aggregate.
b.      Dalam moneter atau uang dipandang sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai.
c.       Teori suku bunga
d.      Peranan investasi menentukan peluang kerja
e.       Aspek psikologis, ketidakrasionalan yang menyebabkan ketidakstabilan. Itulah komponen yang akan dibentuk oleh Keynes menjadi ekonomi makro yang dikemas dalam bukunya general theory of employment interest, money......dari teori tersebut banyak kritikan dan sanggahan terutama mempertanyakan kapan full employment dapat tercapai. Yang ada adalah mendekati kondisi full employment. Kemudian mekanisme pasar menurut Keynes, tidak ada campur tangan pemerintah. Dalam pandangan Keynes, sebuah sumber daya akan teralokasi, model manusia homoeconomicus.
  1. Ada gula ada semut (supply create its own human), penawaran akan mencapai perminataan / hukum say.
  2. Mekanisme suku bunga merupakan mekanisme untuk memperbaiki kesamaan tabungan dan investasi, untuk mengkonsumsi lebih banyak dimasa yang akan datang industri yang dimaksud adalah kumpulan unit-unit usaha yang sama/kumpulan unit-unit usaha yang menghasilkan output sejenis.

Dari pemikiran Keynes berkembang Keynesian dapat kita artikan penganut-penganut ajaran Keynes, yang ternyata Keynesian banyak yang dikritik terutanma kritikan pada ketidakmampuan perubahan-perubahan dalam skala mikro.

Post Keynesian Economics tidak terlihat lagi landasan-landasan yang dikembangkan. Salah satu tokohnya yang menyimpang dari teori ekonomi makro Keynes adalah Newton. Aliran ke2 pemikiran ini dapat kita simpulkan, terutama dari segi permintaan yang melandasi teori ekonomi makro. Penentuan pendapatan pada arus pengeluaran. Sementara itu, treatment nite menitikberatkan pada alokasi kekayaan atau dengan kata lain Keynesian pada perubahan harga.

Kelemahan dalam ilmu ekonomi, suatu ilmu yang diterapkan akan terevikasi kebenarannya dalam jangka panjang, sampai dengan 2006. Baru mulai muncul keburukan-keburukan landasan-landasannya. Orang sudah mulai tidak suka melihat jalan pikiran manusia yang menganut model ekonomicus.
Beberapa pertanyaan yang tidak bisa dijawab, kegagalan pasar teori ekonomi tidak bisa menjawab mengapa masih banyak orang miskin, teori ekonomi tidak bisa menjawab mengapa hutan dan laut ludes disantap model manusia homonicus, terpecah belah menjadi Rusia yang sekarang beberapa contoh bagaimana pikiran kita dijajah oleh model homoeconomicus nasionalisme, dilimpahkan sedemikian rupa sehingga kita fanatik terhadap bangsa kita ager sesuatu persenjataan yang tersedia leku terjual.
(MP.P) = Upah buruh
Catatan: ini berlaku jika serikat buruh sudah kuat, harga beras, penerimaan petani, hampir-hampir tidak mengalami peningkatan.
  1. PE humanistik sebagai dasar membangun SE Pancasila.
  2. Dasar-dasar IE humanistik kedirian.
  3. Hambatan dan tantangan membengun ekonomi kedirian.

Bebas Nilai
Hampir semua ahli ekonomi sosial (ekonom) dalam penalaran ilmiah mereka menggunakan konsep apa yang disebut bebas nilai atau yang dalam Bahasa Inggris Value Free, termasuk dalam ajaran ekonomi, selalu dianut padahal bebas nilai adalah identik dengan tuna susila.
Newton Friedmen dalam suatu seminar yang mempertanyakan apakah landasan akslamatik dalam penalaran ekonomi memiliki valitas yang tinggi. Kita ketahui bahwa membangun landasan ekonomi tidak didasarkan asumsi realistik. Newton Friedmen menyatakan “saya tidak mau tahu landasan aksiomatik itu benar atau salah. Yang saya mau adalah menjalankan empiris, sebagai bentuk halal, haram, hantam. Yang saya perlukan adalah bahwa landasan aksiomatik itu sebagai landasan, melahirkan verivikasi yang benar.

Seharusnya landasan aksiomatik harus diuji validasi kebenarannya maka dapat ditelusuri untuk menurunkan model-model ekonomi yang dapat digunakan dalam ilmu fisika sendiri kita kenal dalam hukum indeterminisme heisenberg, yang mengatakan bahwa “pengukuran sebuah partikel tidak dapat diterapkan secara pasti karena selalu bergerak menurut hukum-hukum partikel yang bertemu. Semakin akurat kita melakukan pengukuran maka semakin tinggi tingkat kesalahan. Maka si pengamat dalam hal ini pemanah akan mengalami kesulitan untuk memanah burung. Berdasarkan hukum indeterminanisme hukum fisika sendiri pun tidak bebas nilai apalagi dalam ilmu-ilmu sosial. Mengapa dalam ilmu sosial (ekonomi) tidak bisa menganut bebas nilai karena ekonomikus (sayap yang kuat akan menjadi lemah). Hampir semua perang, motifnya ekonomi. Perang diperkenankan karena akan mendapat keuntungan. Paling tidak senjata yang disimpan di gudang, akan laku keras.



Mengapa para ilmuwan menggunakan bebas nilai:
  1. Karena mereka memandang ilmu itu ada dibuku/ ada di kepala dalam bentuk simpanan informasi/digital konsekuensinya adalah mahasiswa saya dalam membuat skripsi, tukang kutak katik. (menurut ini, menurut itu) yang mampu menjalankan sintesa adalah berfikir. Otak tidak bisa berfikir, dia hanya menyimpan informasi sebagaimana CPU di komputer. Yang dimaksud ilmu adalah bukan yang ada di buku. Buku adalah produk kretifitas seseorang.
  2. Lihat catatan sejarah munculnya science eropa yang selalu menjauhkan diri dari aspek moral. Dalam IE, sebenarnya Adam Smith sudah memasukkan konsep moral dalam penalaran ekonomi. (tangan gaib) Adam Smith adalah ahli filsafat moral. Maka yang disebut tangan gaib adalah moralnya. Makin lama tangan gaib lenyap. Orang barat tidak pernah mengenal ilmu. Yang mereka kenal adalah science. Ilmu dikenal di Timur Tengah. Pengertian ilmu lebih luas dari science. Ilmu pengetahuan/science = ilmu gaib.

Keunggulan Barat adalah science/empiris      Menyatukan kembali science sebagai
ilmu/Barat dan Timur.
Keunggulan Timur Tengah adalah Ilmu.       

Abad millenium 21 adalah abad spiritual (abad baru).

Atau dengan kata lain manusia akan kembali ke spiritual.
Soal:
  1. Beri ulasan tentang bebas nilai dalam penalaran IE, setuju/tidak, apa konsekuensinya bagi orang bebas nilai, contoh dalam politik.
  2. Tulis dan ulang kembali, sebab-sebab science di Eropa.
  3. George Sores mengatakan, harga suatu barang ditentukan oleh P barang itusendiri. Teori of reflection, kaitkan dengan istilah technostruktur dari galbert tentang sistem planning.


Pengantar IE Humanistik Kedirian
“Lahirnya Pemikiran Humanistik Economies”

Para ahli ekonomi sudah muak melihat landasan filsafat yang digunakan saat ini. Landasan filsafat sangat tipis yang memungkinkan teori ekonomi kontemporer menjurus pada nihilisme yaitu kekosongan nilai-nilai spiritual yang terdapat dalam IE, karena manusia itu dipotong-potong sedemikian rupa dimana ahli ekonomi memandang manusia itu homoekonomikus yang kerjanya makan sebanyak-banyaknya. Yang berarti kepuasan konsumsi maximum, dengan kata lain, teori yang dikembangkan adalah TE kreatifitas sehingga dengan demikian teori permintaan dan penawaran dibagi dua:
                    Objektif            P
 Teori D
                    Subjektif                    D1      D2
                                                                         Q

Kurva D2 = objektif yang didasarkan oleh pengembangan kreatifitas karena uang yang dimiliki seseorang telah dijamin validitasnya.
Kurva D1 = kurva permintaan yang tidak dilandasi kreatifitas. Kurva subjektif .

Buku-buku yang diterbitkan oleh Hidayat:
  1. Karsa Membangun IP
  2. Membangun IP Berlandaskan Ideologi
  3. 10 Ilmu Humanika
  4. IE Humanistik
  5. .........., dan lain-lain (beratus-ratus makalah yang telah disebarluaskan)

Ada dua temuan yang dijadikan landasan pembangunan:
  1. Azas keunikan sistem kedirian yang mengatakan tidak ada satu pun yang sama, bahkan anak kembar sekalipun.
  2. Azas Hierarki sistem kedirian, yang menghendaki bahwa setiap objek memiliki jenjang /hierarki dimana objek tersebut mewarga.
Saya sebagai dosen FE harus tunduk kepada jenjang-jenjang aturan di Fakultas, dst.
Bumi terikat dengan sistem matahari.
Kedua azas tersebut bukan untuk dipertentangkan tetapi memiliki hubungan yang harmonis. Azas kekeluargaan memiliki TE baru dimana tiap pasangan bukan untuk dipertentangkan sebagai konflik tetapi merupakan pasangan yang harmonis mengikuti yin dan yang.
Apa yang dikembangkan sampai sekarang belum mendapat respon dari ahli-ahli ekonomi yang lain.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunakan sesuai fungsinya